Tuesday, August 7, 2018

thumbnail

JUKLAL 2018


PENDAHULUAN
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum,disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani danrohani serta menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna, yang dapatmembangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab ataspembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.
Untuk mencapai tujuan gerakan pramuka tersebut maka perlu adanya usaha dan kegiatan untuk membangkitkan, mengatur, mendorong, mengarahkan, dan mengendalikan keinginan, semangat dan daya kemampuan anak-didik pramuka. Semangat dan daya kemampuan anak didik perlu ditanamkan, dipupuk dan dikembangkan sikap-sikap :
1.      Kesadaran beragama untuk taqwa dan cinta pada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Kesadaran berkaidah untuk mengetahui dan menghayati apa yang baik dan apa yang tidak baik dalam hubungan antara sesama manusia, berdasarkan ideologi Pancasila.
3.      Kesadaran sosial untuk memiliki rasa persahabatan/persaudaraan baik antar pramuka maupun antara pramuka dan masyarakat.
4.      Kesadaran berbangsa dan bernegara untuk memiliki rasa cinta pada alam, bangsa dan negara Indonesia, serta mempertebal kepercayaan pada diri sendiri.
     Dalam rangka pembangunan masyarakat dan pembangunan bangsa, maka penanaman dan pembinaan kesadaran tersebut harus dimulai pada anak didik seumur pramuka siaga, sebagai tugas awal gerakan pramuka, untuk kemudian secara bertahap ditingkatkan menjadi kesadaran hukum, tertib masyarakat, kesadaran bermasyarakat dan berpemerintah melalui tingkatan penggalang, penegak dan pandega.
Prinsip-prinsip kemanusiaan itu harus diperkuat dengan keberanian, kesabaran/ketabahan dan keuletan, untuk kemudian dikembangkan menjadi ketaatan/disiplin, rasa tanggung jawab dan kepemimpinan (leadership). Akhirnya setiap anak didik harus disiapkan untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk dapat melaksanakan segala tugas dalam kehidupan dan penghidupan masyarakat Indonesia, kekuatan lahir dan batin untuk mengatasi segala kesulitan dan tantangan dalam melaksanakan tugas tersebut serta semangat untuk dapat menyelesaikan tugas itu, dengan sukses dan bermanfaat bagi pribadinya, masyarakat dan bangsa Indonesia.
Salah satu usaha dan kegiatan tersebut adalah penyelenggaraan pesta siaga, sebagai suatu pertemuan pramuka, khusus untuk golongan siaga yang berjenjang dari tingkat gugus depan, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang dan Binwil.
Petunjuk pelaksanaan Pesta Siaga ini disusun sebagai pedoman bagi penyelenggara maupun pembina pramuka siaga, agar dalam melaksanakan kegiatan pesta siaga di Kwarda Jawa Tengah Wilayah Surakarta dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan.

A.     DASAR PENYELENGGARAAN
1.        Undang-undang No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka;
2.        Anggaran Dasar Gerakan Pramuka;
3.         Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;
4.        Surat Keputusan Kwartir Nasional nomor : 131 / KN / 76 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pesta Siaga;
5.        Hasil rapat koordinasi Kwartir Cabang se- Binwil Surakarta Bidang Pembinaan Anggota Muda tahun 2018.

B.     TUJUAN
a.         Membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka siaga;
b.         Mengembangkan sikap terbuka dan berbagi dengan sesama pramuka siaga dengan tukar menukar pengalaman, pengetahuan dan kecakapan;
c.          Memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara
d.         Membentuk pribadi yang tangguh,mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada generasi sebelumnya;
e.         Melatih ketahanan mental, jasmani dan rohani.


C.      SISTEMATIKA
Petunjuk Pelaksanaan Pesta Siaga Tahun 2018 ini disusun dengan sistematika sebagai berikut:
a.       Pendahuluan
b.      Penyelenggaraan
c.       Peserta
d.      Kegiatan
e.       Materi Kegiatan
f.        Penghargaan
g.       Pengawasan dan Evaluasi
h.      Penutup

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About

Powered by Blogger.